Prinsip Asuransi Berbasis Syariah yang Mencerminkan Nilai Keagamaan

Asuransi kini kian diminati oleh masyarakat. Hal ini tentunya tak lepas dari besarnya manfaat yang diberikan sehingga. tak heran jika ada banyak sekali pilihan produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, salah satunya adalah asuransi syariah. Sebelum memutuskan untuk membeli, berikut merupakan beberapa prinsip asuransi berbasis syariah yang mencerminkan nilai keagamaan.

Dijalankan berdasarkan prinsip tauhid

Asuransi berbasis  syariah dijalankan berdasarkan prinsip tauhid. Inilah yang menjadi poin utama dan wajib dipahami dengan baik. Sebab memiliki asuransi ini bukan hanya untuk mendapatkan keuntungan, namun juga ikut serta dalam menerapkan berbagai prinsipnya. Pasalnya asuransi  ini menggunakan dasar saling tolong -menolong bukan perlindungan semata.

Selalu mengamalkan prinsip keadilan

Asuransi berbasis syariah lebih mengutamakan prinsip keadilan, di mana para nasabahnya diperlakukan secara adil antara nasabah satu dengan nasabah yang lainnya. Dengan mengutamakan hal ini, maka tidak ada nasabah yang merasa dirugikan dari produk asuransi tersebut. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk produk asuransi berbasis syariah ini.

Didasari dengan prinsip tolong mMenolong

Seperti yang sudah diketahui bahwa prinsip tolong menolong merupakan poin utama dalam konsep asuransi berbasis syariah. Bahkan, setiap nasabah juga memiliki kewajiban untuk saling membantu antara satu dengan yang lainnya. Hal ini berlaku jika salah satu nasabah mengalami musibah dan pihak asuransi hanya akan bertindak sebagai pengelola dana saja.

Dilandasi dengan prinsip amanah

Pengelolaan dana nasabah perusahaan asuransi juga didasari dengan prinsip amanah. Namun, hal ini juga berlaku untuk para pemegang polis asuransi, para nasabah harus jujur ketika hendak mengajukan klaim asuransi. Selain itu, perusahaan asuransi juga tidak boleh semena-mena dalam mencari keuntungan, termasuk dalam proses pengambilan keputusan.

Memiliki prinsip saling riba

Prinsip yang satu ini menjadi landasan utama pada setiap transaksi yang terjadi di dalam asuransi berbasis syariah. Artinya, semua dana akan dikelola oleh perusahaan asuransi sebagaimana mestinya sesuai dengan prinsip syariah. Sedangkan  untuk perusahaan asuransi juga harus mengelola dana tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Ketika hendak memutuskan untuk membeli produk asuransi, pasti Anda mengharapkan jaminan atas berbagai risiko sekaligus dijalankan berdasarkan prinsip agama, bukan? Dengan memilih produk asuransi syariah, Anda bisa mendapatkan 2 keuntungan tersebut sekaligus. Tertarik untuk membeli produk asuransi yang satu ini? Ajukan sekarang juga di alllianz.co.id.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*