Jangan Lakukan Hal Ini Setelah Operasi Total Knee Replacement

Pernahkah Anda merasa nyeri di lutut? Jangan remehkan sakitnya, segera periksa ke dokter ortopedi. Bisa jadi Anda terkena osteoarthritis. Jika dibiarkan saja, maka lutut bisa cedera parah dan harus dioperasi total. Biaya operasi tkr (penggantian lutut total) bisa puluhan juta. Pembedahan ini bisa di-cover asuransi, tapi untuk berjaga-jaga, jangan lakukan ini pasca operasi.

  1. Olahraga Berat

Lutut Anda sudah diganti dengan lutut buatan (protetis), jadi bisa bergerak seperti dulu lagi. Tahan diri Anda untuk kembali berolahraga berat, seperti lari maraton atau loncat tali. Olahraga yang terlalu berat bisa membuat lutut cedera parah dan Anda harus di-rontgent dan dioperasi lagi. Jika ingin berolahraga, pilih yang ringan, seperti berenang atau pilates.

  1. Malas Bergerak

Setelah operasi, Anda memang tidak boleh berolahraga ekstrim, tapi bukan berarti harus tidur-tiduran saja seharian. Usahakan untuk berjalan walaupun pelan, dan memakai alat bantu seperti kruk. Jika Anda terus malas dan selonjoran di atas kasur, maka sendi akan kehilangan fleksibilitasnya. Beraktivitaslah sewajarnya, demi kesehatan sendi dan tubuh Anda.

  1. Makan Sembarangan

Salah satu penyebab nyeri sendi adalah kelebihan berat badan. Anda wajib berdiet dan berolahraga, sehingga berat badan menurun dan bobot yang disangga lutut jadi berkurang. Setelah operasi, jangan balas dendam dengan makan nasi padang dengan kerupuk, lalu minum jus alpukat. Makanan berlemak memang enak dan gurih, tapi tidak baik untuk kesehatan Anda.

Saat ingin makan gorengan, ingatlah biaya operasi tkr yang selangit. Jadi, Anda batal memakannya, karena ingin punya bobot yang lebih ringan, demi kesehatan sendi. Jika ingin makan jajanan, ganti dengan makan apel atau minum smoothies buah-buahan tanpa gula. Ganti sayur bersantan dengan yang bening, seperti sayur asam dan sayur bening bayam.

  1. Tidak Memakai Dekker

Dekker adalah alat untuk membantu Anda agar lutut tidak terlalu sakit saat digerakkan. Setelah operasi total knee replacement, gunakan dekker pada kedua kaki. Saat melangkah, kaki akan terasa lebih kuat dan stabil berkat perlindungan dari dekker. Pilih dekker yang modelnya langsung dimasukkan ke kaki, bukan yang harus dililitkan terlebih dahulu.

  1. Tidak Minum Obat

Setelah operasi, Anda harus menghabiskan semua obat yang diberi oleh dokter. Obat-obatan itu untuk memaksimalkan fungsi sendi Anda. Saat minum obat, jangan dikonsumsi bersamaan dengan susu, karena bisa menetralisir efek obat. Jangan khawatir jika obat yang diminum membuat Anda mengantuk, tujuannya agar Anda beristirahat.

Setelah operasi total knee replacement, Anda tidak boleh langsung berlari atau melompat-lompat, tapi juga tidak boleh bermalas-malasan. Beraktivitaslah secukupnya, dan jika kesulitan berjalan, pakailah kruk atau alat bantu lain. Minumlah obat dengan teratur, dan jaga makanan Anda. jangan terlalu banyak makan gorengan dan minum santan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*