Cara Merawat Mobil Toyota agar Tidak Mudah Rusak

Mobil merupakan kendaraan yang memerlukan perawatan agar tetap memberikan kenyamanan saat Anda mengendarainya. Perlu biaya yang besar jika terjadi kerusakan. Daya tahan mobil juga tergantung dari perawatan yang dilakukan. Ini cara merawat mobil Toyota agar tidak mudah rusak.

  1. Gunakan Bahan Bakar yang Tepat

Saat Anda memiliki mobil penting sekali untuk memilih bahan bakar terbaik untuk digunakan. Bahan bakar yang digunakan merupakan sebuah langkah perawatan pada mobil. Anda bisa menanyakan hal ini saat melakukan pembelian mobil. Jika menggunakan bensin bisa memilih pertalite yang lebih sedikit menyisakan residu dibandingkan bensin biasa.

  1. Ganti Oli secara Rutin

Ada banyak sekali tipe mobil Toyota yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan bujet. Setiap mobil tetap memerlukan perawatan yang rutin untuk melakukan penggantian oli. Saat melakukan pembelian mobil baru ada buku servis yang akan menjadi panduan untuk melakukan penggantian oli.

Setelah itu Anda bisa menentukan jadwal rutin penggantian oli sesuai dengan pemakaian atau perjalanan mobil. Catatlah di kertas agar tidak lupa untuk melakukan penggantian oli. Anda perlu tahu bahwa oli ini sangat penting untuk menjaga ketahanan mesin. Jika oli ini tidak diganti secara rutin risikonya akan sampai pada mesin mobil yang bisa mengalami kerusakan.

Cara mengecek oli juga dapat dilakukan dengan mematikan mesin dan menunggu lebih kuran 10 menit. Setelah itu bersihkan ujung stik dengan menggunakan lap, lalu masukkan stik ke dalam dan tarik kembali. Kemudian lihat lah stik oli, jika posisinya ada di bagian L atau 1 maka Anda perlu melakukan penggantian oli.

  1. Panaskan dan Periksa Mobil

Cara perawatan berikutnya yang dapat Anda terapkan dengan mudah adalah memanaskan dan memeriksa mobil sebelum menggunakannya. Panaskanlah sekitar 5 sampai 10 menit sebelum melakukan perjalanan awal di setiap harinya.

Setelah itu periksalah bagian ban mobil dan kelengkapan yang diperlukan selama perjalanan. Anda perlu memeriksa ban mobil dengan memastikan kondisi ban masih layak untuk digunakan. Ini bagian yang penting sekali ketika Anda akan melakukan perjalanan jauh.

Jangan tetap memakan ban yang sudah tidak ada lagi geriginya karena berisiko akan tergelincir di jalan yang licin, terlebih lagi jika hari hujan. Sedangkan untuk pengecekan tekanan angin ban sebaiknya memeriksanya ke bengkel agar lebih tepat kadarnya.

  1. Pengisian Air Radiator

Bagian ini sering disepelekan, padahal sangat penting dalam melakukan perawatan mobil. Radiator bermanfaat sebagai pendingin dari suhu mesin. Penting sekali untuk melakukan pengisian air radiator secara rutin. Jangan sampai mobil kekurangan air radiator karena dapat berisiko pada kerusakan mesin mobil. Jangan lupa juga melakukan pengisian carian radiator.

  1. Rawat Aki

Cara berikutnya agar mobil tidur rusak adalah dengan melakukan perawatan aki. Cara perawatannya disesuaikan dengan jenis aki yang digunakan. Pada aki mobil yang basah Anda harus melakukan pengisian cairan elektrolit secara rutin.

Pada aki kering tidak perlu pengisian hanya saja jangan biarkan mesin mobil Anda tidak dipanaskan berhari-hari. Aki kering akan cepat rusak jika tidak rutin dipanaskan. Jadi pastikan Anda memanaskannya secara rutin setiap hari meski pun hanya sebentar.

Anda bisa memilih mobil Toyota yang diinginkan dengan melihat terlebih dahulu spesifikasinya. Pembelian bisa dilakukan kapan saja jika bujet sudah tersedia. Jika Anda memerlukan informasi detail terkait produk mobil ini bisa mengunjungi Toyota.astra.id. pastikan pembelian dilakukan di dealer resmi agar mendapatkan barang yang dalam kondisi baik atau terjamin.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*