Berita Politik yang Baik Itu Seperti Apa Sih?

Menjelang pemilihan presiden dan legislatif pada 17 April 2019 nanti, Anda pasti akan menemukan berita politik baik yang membangun atau menyudutkan pihak-pihak tertentu. Tentunya, Anda tak bisa menelan mentah-mentah semua berita yang berseliweran itu. Anda harus pandai memilih mana yang baik mana yang tidak. Kriteria yang baik seperti apa?

  1. Manusiawi

Salah satu kriteria dari berita yang baik adalah manusiawi. Maksudnya adalah berita tersebut dapat menyentuh perasaan pembaca dan penonton. Unsur ini biasanya adalah penekanan pada orang yang berusaha mengungkapkan emosional pembaca.

  1. Waktu

Kriteria lainnya tentang berita mengenai politik yang baik adalah waktu pemberitaan. Waktu menunjukkan aktualitas dari berita yang disampaikan. Hal yang berhubungan dengan dunia politik namun terjadi beberapa tahun lalu tentunya tak cukup baik disiarkan di waktu kini karena tidak relevan dengan yang ada di lapangan.

Namun, info mengenai politik yang terjadi di masa lalu tentu bisa dimasukkan sebagai referensi yang terjadi di masa ini. Hanya saja, porsinya harus berimbang dan tidak hanya berpijak pada berita atau info dari masa lalu saja.

  1. Terpercaya

Tentu saja, berita yang disampaikan harus bisa dipercaya. Informasi yang diberikan pada khalayak tentang kepercayaan ini bisa dilihat bagaimana kevalidan data atau materi berita yang ada serta narasumber dalam suatu berita mengenai politik tersebut. Bila itu adalah berita yang belum jelas fakta atau sumbernya, berita politik itu bisa saja dikatakan sebagai hoax.

  1. Penting

Lalu, berita tentang politik yang disampaikan baiknya memiliki kepentingan yang mewakili khalayak ramai. Misalnya saja, tentang profil dari pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan bertarung di pilpres tanggal 17 April 2019. Dengan begitu, setiap orang bisa menentukan siapa yang akan dipilih pada pemilu nanti.

Sebab, mereka sudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan mengenai pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan bertarung di pemilu nanti. Mereka juga bisa memutuskan mana yang baik dan sesuai dengan kriteria mereka.

  1. Faktual

Berita meskipun itu adalah mengenai politik yang seringnya dipenuhi dengan kepentingan elit tertentu, tetap harus didasarkan pada fakta yang ada. Berita itu harusnya benar-benar terjadi dan nyata. Bukan sebuah rekayasa dan bukan juga karangan apalagi hanya sebuah hoax yang diciptakan untuk menimbulkan kegaduhan.

Kriteria faktual ini biasanya bisa Anda lihat dari fakta dan data-data yang ada dan bisa dipertanggungjawabkan kevalidannya. Berita yang didasarkan pada karangan atau hoax bukanlah berita yang baik, terutama yang berbasis politik karena itu hanya akan menimbulkan kegaduhan dan kerancuan saja.

  1. Konflik

Berita mengenai politik biasanya juga sangat berhubungan dengan konflik. Misalnya saja, konflik antar tokoh elit politik dan lain sebagainya. Konflik ini harusnya juga disajikan dengan cara yang tepat agar bisa memberikan informasi yang baik untuk para pembaca ataupun penontonnya.

  1. Tenar

Lalu, masalah ketenaran juga seringkali mempengaruhi berita tersebut. Terlebih berita tentang politik. Berita tentang politik yang membahas tokoh terkenal dan menjadi sorotan saat itu memang sangat menarik. Hal ini tentu membuat khalayak mau menyaksikannya namun sekali lagi tentu harus disajikan dengan fakta yang benar.

Itulah beberapa kriteria dari berita politik yang baik dan bagus untuk pembaca atau penonton. Berita seharusnya disajikan dengan cara berimbang. Tidak memihak suatu kelompok saja dan mengangung-agungkan kelompok tersebut dan menghina kelompok lainnya. Sekarang, kembali pada Anda. Anda sendiri yang harus menyaring berita baik itu!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*