6 Cara Merawat Mouse Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Di dunia teknologi komputer yang semakin canggih tentu kita tidak pernah lepas dengan yang namanya mouse, sebab mouse adalah salah satu hardware yang sangat dibutuhkan untuk sebuah kelengkapan komputer atau PC. Mouse juga dijadikan sebagai bagian terpenting pada perangkat komputer yang berfungsi untuk alat navigasi melalui pointer atau kursor dalam mengendalikan PC pengguna. Bahkan saat ini banyak pengguna yang lebih suka menggunakan mouse untuk mengendalikan laptop atau komputernya.

Bayangkan saja jika sebuah komputer atau PC tidak menggunakan mouse, pasti kamu akan sangat kesulitan untuk mengoperasikannya bukan? Itulah sebabnya, kenapa semua orang sangat membutuhkan mouse dan menginginkan agar mouse-nya selalu awet dan tahan lama. Namun, masih banyak dari pengguna yang belum tahu dan mengerti  cara tepat untuk merawat mouse agar tetap awet dan tahan lama. Untuk itu, berikut kami rangkum 6 cara mudah dalam merawat mouse secara baik dan benar. Yuk, langsung saja simak informasinya berikut ini!

1.     Hindari Mouse Dari Benda Cair yang Mudah Tumpah

Ini dia salah satu kebiasaan buruk dari para pengguna komputer atau laptop. Mungkin kebanyakan dari kamu menganggap hal ini biasa saja. Namun tahukah kamu bahwa dengan menaruh minuman atau makanan di dekat laptop ketika sedang bekerja juga bisa membahayakan keawetan mouse, lho. Nah, kalau kamu termasuk orang yang mempunyai kebiasaan ini, maka mulai sekarang cobalah untuk tidak meletakan benda cair di dekat laptop, komputer bahkan mouse. Sebab jika benda – benda cair seperti makanan atau minuman tumpah mengenai mouse atau komputer, hal itu akan membuat perangkat elektronik kamu menjadi rusak dan tidak awet.

  1. Pastikan agar tanganmu kering sebelum memegang mouse

Untuk tips yang kedua ini juga penting buat kamu tahu, guys! Sebab jika tanganmu sedang basah dan memegang mouse, maka mouse akan terkena rembesan air yang berasal dari tangan. Oleh karena itu, kamu harus pastikan untuk mengeringkan tangan terlebih dahulu sebelum memegang mouse, ya!

3.     Jangan mengklik mouse terlalu kasar

Guys, kamu pasti sering dikejar deadline dalam pekerjaan dan diharuskan untuk bekerja cepat bukan? Biasanya hal seperti ini juga sering membuatmu menekan tombol mouse terlalu kasar secara tidak sadar dan alhasil menyebabkan mouse tidak berfungsi secara normal. Nah, jika kamu tidak ingin hal ini terjadi lagi cobalah biasakan untuk tidak mengklik mouse terlalu kasar agar keawetan dan fungsi mouse tetap terjaga.

  1. Membersihkan Mouse Optik

Tahukah kamu bahwa saat ini mouse modern seperti mouse wireless atau mouse kabel hadir dengan standar optik yang dimana perangkat tersebut mengeluarkan sebuah cahaya merah yang ada pada bagian bawah mouse. Untuk itulah kamu harus rutin membersihkan mouse optiknya dengan menggunakan alkohol atau cotton bud dalam waktu 1 sampai 2 bulan sekali. Karena jika mouse milikmu jarang dibersihkan maka akan menyebabkan debu menumpuk menjadi kotoran dan nanti akan sangat sulit dibersihkan.

5.     Harus Menggunakan Mouse Pad

Selanjutnya cara simple yang harus kamu lakukan agar mouse tetap awet dan tahan lama adalah dengan menggunakan mouse pad. Mouse pad merupakan sebuah alas yang digunakan untuk menggerakan mouse ketika kamu sedang bekerja atau sedang memakai laptop/PC. Maksud dari menggunakan mouse pad adalah untuk menjaga kebersihan mouse. Akan tetapi kamu perlu ingat satu hal, bahwa ketika memakai mouse optik alangkah baiknya jika kamu tidak menggunakan alas atau mouse pad yang mengkilap, ya!

  1. Menggunakan Mouse dengan Sewajarnya

Beberapa dari kamu mungkin akan mengabaikan tips penting yang satu ini. Tetapi kamu perlu mengerti bahwa dengan menggunakan mouse terlalu lama juga bisa menyebabkan mouse cepat rusak. Sama halnya seperti komputer atau laptop yang membutuhkan waktu istirahat agar tidak overheat. Oleh karena itu mouse juga perlu istirahat jika memang tidak terlalu digunakan.

Oke guys, itu tadi 6 cara merawat mouse agar tetap awet dan tidak cepat rusak yang telah kami sampaikan agar kamu bisa lebih memperhatikan tentang perawatan mouse. Semoga artikel ini dapat membantumu, ya!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*