5 Permainan Anak Jaman Dulu untuk Melatih Kecerdasan Anak

Masa kecil memang merupakan masa yang paling menyenangkan. Bahkan sebagian anak menghabiskan harinya untuk bermain. Tanpa disadari ternyata ada banyak hal yang bisa dipelajari oleh sang buah hati ketika bermain. Nah berikut merupakan beberapa jenis permainan anak jaman dulu yang mampu melatih kecerdasan sang buah hati. Apa saja sih?

  1. Permainan Congkak atau Dakon

Congkak merupakan salah satu jenis permainan anak jaman dulu yang selalu diidentikkan dengan anak perempuan. Meskipun sebenarnya tidak selalu demikian. Congkak juga lebih sering dikenal dengan nama  dakon. Permainan ini dimainkan oleh 2 orang dengan menggunakan papan kayu berbentuk perahu dan berlubang dengan manik-manik atau sebagai buji congkak.

Lubang-lubang tersebut harus diisi dengan biji congkak. Tujuan dari permainan ini adalah pemain harus memindahkan biji congkak ke lubang induk. Permainan ini dapat membantu si kecil melatih kemampuan berhitung dengan baik. Tak hanya itu saja, permainan ini juga mampu mengajarkan sang buah hati mengenai sifat kompetitif.

  1. Permainan Layang-Layang

Layang-layang merupakan permainan yang terbuat dari kertas dan diberi kerangka. Layang-layang ini nantinya akan diterbangkan ke udara dengan bantuan seutas benang. Layang-layang merupakan jenis permainan yang paling digemari oleh anak laki-laki. Tak hanya itu saja, layang-layang juga dapat dimainkan sebagai permainan keindahan.

Pasalnya si kecil akan berusaha menghias layang-layang dengan gambar yang dapat dijadikan sebagai ajang untuk mengasah kreativitas sang buah hati. Permainan layang-layang ini mampu melatih sang buah hati mengenai gaya fisik, seni, dan sifat kompetitif. Bahkan si kecil juga bisa adu permainan dengan benang layangan yang diberikan tumbukan halus kaca.

  1. Permainan Taman Bacaan

Membaca buku tentunya dapat merupakan salah satu kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan di mana saja. Tak mengherankan jika taman bacaan merupakan salah satu tempat pilihan menarik bagi anak-anak karena menyediakan berbagai buku bacaan yang menarik. Mulai dari buku cerita, majalah, komik, hingga ensiklopedia.

Manfaat dari permainan yang satu ini sudah tidak bisa diragukan lagi. Pasalnya minat baca anak-anak zaman dulu masih terbilang cukup tinggi. Hal yang satu ini tentunya akan ikut meningkatkan kemampuan membaca sang buah hati dan kemampuan mengekspresikan tulisan. Tak hanya itu saja, daya imajinasi si kecil juga akan terus meningkat dengan banyak membaca.

  1. Permainan Monopoli

Monopoli merupakan salah satu jenis permainan yang cukup seru untuk dimainkan bersama-sama dengan teman sebaya. Setidaknya permainan ini biasanya dilakukan oleh 4 orang. Tanpa disadari permainan monopoli juga memiliki peranan yang cukup penting dalam proses tumbuh kembang sang buah hati. Apa saja sih manfaat permainan monopoli untuk sang buah hati?

Permainan monopoli ini akan mengajarkan kepada sang buah hati mengenai merencanakan dan menggambarkan modal yang dimilikinya. Hal ini dapat dilakukan dengan memilih dan memiliki aset yang strategis dan menguntungkan. Selain itu permainan ini juga akan menghindarkan si kecil kebangkrutan yang menjadi tanda kekalahan.

  1. Permainan Petak Umpet

Zaman dulu petak umpet merupakan salah satu jenis permainan yang cukup menyenangkan. Mencari teman yang bersembunyi atau mencari tempat bersembunyi merupakan kegiatan yang menyenangkan. Tanpa disadari permainan ini akan melatih kepekaan sang buah hati. Di sisi lain permainan ini juga akan membuat si kecil mengetahui pola pikir teman-temannya.

Nah di atas merupakan beberapa jenis permainan anak jaman dulu yang mampu membantu mencerdaskan sang buah hati. Untuk itu Anda tak perlu takut ketika si kecil bermain di luar ruangan. Anda hanya perlu mendukungnya dengan pakaian yang lembut dan nyaman yang bisa didapat dari detergen Rinso agar kegiatan bermain si kecil dapat lebih menyenangkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*